Dalam ajaran Islam, pelaksanaan aqiqah lebih umum dilakukan untuk anak-anak yang baru lahir sebagai bentuk ungkapan syukur atas kelahiran mereka. Namun, untuk orang dewasa, aqiqah tidak dianjurkan atau tidak lazim dilakukan karena aqiqah secara tradisional terkait dengan penyambutan kelahiran anak.

Aqiqah memiliki tujuan untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Allah atas anugerah kelahiran anak, dan hukumnya adalah sunnah mu’akkadah, yaitu sunnah yang sangat dianjurkan. Namun, karena hukum ini khusus berkaitan dengan kelahiran Manfaat Aqiqah anak, pelaksanaan aqiqah bagi orang dewasa biasanya tidak sesuai dengan tujuan dan tuntunan aslinya.

Jika seseorang ingin melakukan suatu bentuk ibadah atau amal baik sebagai bentuk ungkapan syukur atas keberuntungan atau berkah tertentu dalam hidupnya, maka ada amalan-amalan lain yang bisa dipilih, seperti bersedekah, berdoa, atau aqiqah jogja menjalankan ibadah-ibadah lain sesuai dengan tuntunan agama.

Tetaplah berkonsultasi dengan ulama atau ahli agama yang berkompeten jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut tentang amalan-amalan keagamaan atau tindakan yang ingin Anda lakukan dalam konteks agama Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *